Arti Penting Perdamaian Dunia Bagi Kemajuan Sebuah Negara

Menjaga perdamaian dunia menjadi tanggung jawab bersama semua negara-negara yang tersebar di seluruh benua. Perdamaian dunia bukan hanya menjadi tanggung jawab PBB saja tetapi semua wajib menjaganya. Semua negara berkewajiban menjaga keamanan dan perdamaian dunia karena hal tersebut akan mempengaruhi kemajuan bagi negara itu sendiri.

Bagaimana bisa seperti itu akan dijelaskan di bawah ini.

Perdamaian Dunia dan Kemajuan Negara

Hubungan Internasional yang Baik

Sebagai sebuah negara yang menjadi bagian dari dunia secara otomatis hubungan internasional harus dijalani. Sebuah negara tidak mungkin bisa hidup sendiri tanpa bantuan dari negara lainnya untuk memenuhi kebutuhannya. Untuk itulah agar bisa terjadi hubungan timbal balik yang saling menguntungkan antar negara diperlukan suasana damai yang terjalin diantara negara-negara tersebut.

Jaringan yang Memperkuat Kedudukan Negara

Sebagai negara berkembang seperti Indonesia harus bisa menjalin dan membentuk jaringan kerjasama dengan negara lain. Jaringan tersebut harus kuat agar Indonesia bisa diperhitungkan oleh negara lain. Tujuannya adalah agar Indonesia bisa memiliki pondasi kuat dalam bidang ekonomi, pertahanan dan sosial budaya sehingga bisa diakui secara internasional.

Semua hal tersebut hanya akan tercipta kalau ada hubungan harmonis dengan negara lain. Itulah mengapa dibutuhkan perdamaian dunia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *