Beberapa Tips Menurunkan Demam Saat Hamil 4 Bulan

Kesehatan menjadi hal yang sangat penting. Ini akan menjadi jauh lebih krusial lagi ketika anda ternyata sedang hamil. Masa kehamilan memang menjadi saat yang paling dinantikan. Kehadiran janin yang nantinya akan menyempurnakan keluarga tersebut tentu sudah sangat ditunggu-tunggu. Namun, masa kehamilan juga menjadi masa di mana tubuh menjadi cukup rentan dan sensitif. Tidak heran bila kemudian masalah kesehatan bisa terjadi, dan salah satunya adalah demam. Walau terkesan sederhana, demam di masa kehamilan sama sekali tidak bisa dianggap remeh. Hal ini terjadi dan nantinya akan memberikan dampak pula pada janin yang ada di dalam kandungan. Karena itu, demam harus segera diatasi.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah menggunakan kompres. Kompres yang digunakan bukanlah kompres air dingin. Banyak orang sudah salah sangka bahwa air dingin apalagi kompres es akan sangat efektif menurunkan suhu tubuh. Ini justru bisa memperburuk keadaan. Kompres yang diperlukan ketika demam adalah  kompres air hangat. Ini akan membuka dan memperlebar jalur peredaran darah, dan peredaran darah pun menjadi lebih lancar. Panas di dalam tubuh pun bisa secara perlahan dikeluarkan. Untuk lebih efektif lagi, sebenarnya berendam air hangat bisa dilakukan. Ini memiliki efek yang sama seperti kompres, dan ini dilakukan di seluruh bagian tubuh. Tidak heran bila kemudian tubuh nantinya akan terasa lebih nyaman dan lebih segar setelah selesai berendam air hangat tersebut.

Lalu, yang tak kalah penting adalah memperhatikan frekuensi anda dalam meminum air putih. Di kondisi demam, tubuh akan membutuhkan cairan. Cairan dalam tubuh dibutuhkan untuk menjaga kestabilan suhu tubuh dan juga untuk metabolisme. Bila tidak terpenuhi, tentu dehidrasi bisa terjadi dan ini akan memberikan dampak pada sang janin di dalam kandungan. Karena itu, ketika demam anda memang harus lebih banyak meminum air putih. Air putih akan mengisi kebutuhan cairan tubuh dan menurunkan suhu tubuh secara alami. Namun, bila ternyata beberapa cara ini telah digunakan dan tidak ada perkembangan signifikan, lebihi baik anda mengecek kondisi anda dan datang ke dokter. Dokter akan lebih tahu kondisi yang sebenarnya terjadi setelah pemeriksaan. Dengan ini, langkah penanganan yang tepat bisa diberikan dan bahkan obat yang aman untuk ibu hamil pun bisa diberikan.