Berwisata Ke Air Terjun Grojogan Sewu  

terjun Grojogan Sewu terletak sekitar 27 kilometer dari Kota Karanganyar. Air terjun ini letaknya di lereng Gunung Lawu dan merupakan bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu. Nama air terjun ini diambil dari bahasa Jawa ‘grojogan’ yang artinya air terjun dan ‘sewu’ yang artinya seribu. Nama air terjun ini diambil dari ukuran tinggi air terjun yang mencapai 1000 pecak, yakni satuan yang digunakan untuk mengukur jarak air terjun oleh masyarakat zaman dahulu. Satu pecak sama dengan satu telapak kaki orang dewasa. Air terjun setinggi 81 meter ini memiliki pancuran yang meluas dan membentuk banyak cabang. Air terjun ini biasanya kering saat musim kemarau.

Termasuk Kawasan Wisata Hutan Grojogan Sewu

Hutan wisata Grojogan Sewu memilliki luas 20 hektar. Kawasan wisata ini dipenuhi oleh berbagai jenis pohon hutan dan dihuni sekelompok kera yang jinak.  Di kawasan wisata ini selain air terun Grojogan Sewu, ada juga Taman Binatang Hutan, kolam renang, tempat istirahat, kios makanan, kios cenderamata, kios penjual buah, dan fasilitas umum seperti mushola dan toilet.

Pemandangan di air terjun ini tidak perlu dipertanyakan lagi keindahannya. Udaranya sangat segar karena berada di lereng gunung tertinggi ketiga di Jawa Tengah, yaitu Gunung Lawu. Kamu harus berjala kaki sejauh 300 meter dari pintu masuk air terjun. Jalanan yang ditempuh untuk sampai ke lokasi air terjun ini sudah tergolong nyaman, karena sudah diperbaiki dengan menggunakan batu sebagai pijakan. Sepanjang perjalanan kamu akan ditemani suasana asri hutan dan kicau burung yang menyenangkan.

Kamu juga bisa memasuki pintu masuk lain dari atas, dan menempuh anak tangga yang lebih banyak. Melalui rute ini kamu akan ditemani pemandangan para kera yang bergelantungan di pohon dan berkeliaran di jalan. Namun kamu tak perlu takut karena kera yang ada di sini sudah jinak dan tak jahil. Kamu bisa menempuh perjalanan hingga Tawangmangu, dari sini kamu akan menemukan banyak petunjuk jalan menuju air terjun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *