Cara Membuat Panel Surya Mudah Untuk Rumah Tangga

Dijaman yang sudah maju pada saat ini, kebutuhan tenaga listrik seakan menjadi bahan pokok yang paling utama dalam segala aspek kehidupan manusia. Listrik seolah sangat penting keberadaanya sebagai daya yang bisa menggerakan semua kehidupan dan aktifitas manusia.

Maka tak mengherankan lagi apa bila listrik padam dalam waktu yang lama, semua orang akan panik karena bisa kehabisan daya smartphone yang sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari hari. Kegiatan ekonomi pun akan lumpah apabila listrik mengalami pemadaman dalam waktu yang cukup lama. Semakin melonjaknya kebutuhan pasokan listrik juga semakin menipianya sumber daya yang dapat dijadikan membuat listrik.

Oleh karena itu sekarang penggunaan listrik disiasati dengan munculnya tenaga listrik matahari yang kian hari semakin populer sebagai jenis baru daya listrik yang bisa menjadi alternatif daya listrik menggantikan daya fosil. Oleh karena itu listri yang dihasilkan dari tenaga matahari dinilai lebih effisien dan ekonomis sehingga sangat menguntungkan.

Solar cell ini akan menyimpan tenaga dari pancaran sinar matahari yang tertampung kedalam solar cell ini. Nantinya daya matahari yang telah ditampung akan dikonversi kembali menjadi arus AC agar bisa digunakan untuk mengaliri listrik di rumah kalian. Tentunya memasang solar cell di rumah kalian sangat menarik bukan?.

Untuk memiliki solar cell sendiri memiliki biaya yang tak sedikit, tetapi harga solar cell ini tiap tahun mengalami jumlah penurunan harganya. Bagi kalian yang berjiwa kreatif, ternyata kalian bisa membuat solar cell ini sendiri lho.. lantas bagaimana kah cara pembuatannya? Langaung saja simak artikel berikut ini, tetapi sebelum itu akan saya bahas terlebih dahulu kelebihan dan kelemahan menggunakan solar cell.

unsplash.com

Kelebihan Solar Panel

1. Ramah Lingkungan

Karena tidak menggunakan bahan baku fosil, membuat solar panel/panel surya ini tidak memberikan perubahan atau pencemaran terhadap iklim dan lingkungan, karena tidak memiliki gas rumah kaya yang berbahaya contohnya karbon dioksida. Hal ini lah yang membuat penggunaan solar panel kian hari kian banyak untuk mencegah kerusakan ikilim akibat penggunaan listrik yang bertanaga fosil.

2. Pemasangan Yang Mudah

Pemasangan solar panel ini mudah dilakukan dan biaya perawatannya juga bisa dikatakan murah karena posisinya tetap dan tidak bergerak berbeda dengan penghasil tenaga listrik lainnya yang selalu bergerak dan mengeluarkan biaya perawatan yang tidak sedikit.

3. Tahan Lama

Solar Panel ini memiliki masa penggunaan yang panjang sampai 25-30 tahun. Hal inilah yang membuat penggunaan solar panel sangat hemat tentunya jika kalian yang menggunakan solar panel ini pada rumah kalian, akan mendapati biaya listrik yang lebih murah dibandingkan dengan listrik berdaya lainnya. Untuk itu banyak rumah yang sudah menggunakan solar panel ini.

4. Harga Yang Murah

Jika kalian berniat untuk memasang solar panel pada rumah kalian, kalian bisa membelinya secara bertahan. Karena harga dari solar panel masih terbilang cukup mahal tetapi jangan khawatir karena harga dari solar panel ini setiap tahunya mengalami penurunan yang cukup signifikan. Walaupun masih bersaing dengan listrik tenaga lainyya, tetapi penggunaan solar panel juga bisa dikatan dengan ide yang brilian.

5. Masa Efisiensi Yang Lama

Kelebihan solar panel yang terakhir adalah masa efisiensi yang lama. Jika kalian menggunakan solar panel selama 10 tahun maka fungsi solar panel masih bekerja dengan sangat baik, karena masa efisiensi dari solar panel ini mencapai umur yang lama yaitu hingga 20 tahun. Hal ini yang membuat pengguna solar panel akan mendapat keuntungan listrik yang murah dalam jangka waktu yang lama.

unsplash.com

Kekurangan Solar Panel

1. Sering Terjadi Over Heating

Solar panel akan mengalami over heating apabila cara pemasangannya salah. Salah pemasangan juga akan memberikan dampak yang tidak baik, panel tidak dapat menangkap sel surya dengan baik dan tidak dapat menghasilkan listrik yang optimal.

2. Dapat Merusak Lingkungan

Walaupun penggunaanya tidak berpengaruh terhadapa lingkungan, tetapi panel solar yang telah rusak kemudian di daur ulang apabila pendaur ulangannya tidak tepat, maka akan merusak lingkungan sekitarnya. Karen panel solar ini terbuat dari bahan bahan berjenis siliko, selenium, kadium, sulfur heksafluorida yang apabila pendaur ulangannya tidak tepat akan menimbulkan berbagai macam masalah yang terjadi

3. Tergantung Dengan Cuaca

Karena menggunakan panas tenaga matahari, maka solar panel tidak akan menangkap sel yang dapat dijadikan listrik apabila cuaca selalu mendung dan tidak ada sinar matahari yang mengenai panel. Sehingga tidak pas penggunaan panel surya di tempat yang sering hujan atau di tempat yang kurang sinar matahari.

unsplash.com

Cara Membuat Panel Suraya Buatan Sendiri Yang Mudah

Untuk membuat Panel Surya buatan sendiri, kalian terlebih dahulu harus memiliki beberapa macam bahan dan alat sebagai berikut ini.

  • Gula halus donat
  • Kompor listrik
  • Etanol
  • Pensil grafit
  • Kaca konduktif
  • Pita perekat
  • Larutan elektrolit

Cara-caranya sebagai berikut :

  1. Belilah terlebih dahulu bubuk gula halus donat berwarna putih diwarung. Bubuk tersebut mengandung zat titanium dioksida yang berguna untuk membuat sel surya nantinya.
  2. Karena tidak sepenuhnya terbuat dari titanium dioksia, melainkan tercampur dengan gula dan lemak maka saringlah terlebih dahulu gula halus tersebut kewadah yang berisi air, kemudian gunakan saringan kopi untuk menyaring titanium dioksida dan lemak yang nantinya tidak bisa dilarutkan.
  3. Karena lemak tidak bisa larut bersamaan gula, maka kalian perlu melarutkannya terlebih dahulu dengan cara memanaskan terlebih dahulu. Gunakanlah sebuah wadah untuk menaruh bubuk tersebut, masukan kedalam oven dengan panas maksimal 500° selama tiga jam. Nantinya lemak akan menguap dan tersisa titanium dioksidanya saja.
  4. Siapkan kaca konduktif berukuran 2,5 cm x 2,5 cm.
  5. Larutkan titanium dioksida menggunakan etanol pada gelas kimia. Gunakanlah etanol murni 200 proof.
  6. Lapisi kacanya menggunakan pita perekat yang telah disiapkan. Lapisi pada tiga bagian sisi kaca.
  7. Panaskan sel surya yang telah kalian buat tadi, dengan cara menaruhnya di gelas kimia atau wadah apapun lalu letakan pada kompor listrik selama 10 menit. Tunggu hingga warnanya menjadi coklat, apabila kembali menjadi putih setelah dipanaskan maka kalian sudah berhasil.
  8. Kemudian lumurilah sel surya kalian pada teh. Teh mengandung senyawa yang disebut antosianin yang bisa menangkap cahaya dengan baik.
  9. Agar dapat menghasilkan listrik, maka warnai bagian kaca menggunakan pensil grafit.
  10. Tempelkan peruang pada bagian pojok sisi kaca, kalian bisa menggunakan potongan pita perekat.
  11. Tambahkan sel surya dengan larutan elektroda.
  12. Lakukan pengetesan menggunakan multimeter kemudian coba untuk menangkap sel matahari dan selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *