Chairul Tanjung Dan Deretan Bisnis Besar Miliknya

Berbicara tentang kehidupan konglomerat Indonesia pasti tak akan lepas dari nama mantan menteri perekonomian yaitu Chairul Tanjung. Nama ini sudah bukan lagi nama yang asing di kalangan para pebisnis tanah air. Berbagai kalangan mengerti dan tahu berbagai bisnis gurita Chairil ini hingga membuatnya masuk sebagai salah satu orang atau salah satu konglomerat di Indonesia. Tak heran jika nama lelaki ini banyak di sandingkan dengan nama-nama koalisi konglomerat lain seperti keluarga Bakri. Hal yang sangat lumrah jika lelaki yang telah hidup lebih dari setengah abad ini memiliki banyak bisnis sukses dan karir yang cemerlang. Kisah hidupnya patut menjadi teladan masyarakat. Berbagai bisnis dilakukan oleh chairul ini hingga menempatkan dirinya sebagai salah satu orang dengan paling berpengaruh di indonesia. Sepak terjangnya yang telah melanglang buana ini membuatnya menjadi salah satu pebisnis handal tanah air.

Kisah Hidup Chairul Tanjung

Membicarakan tentang betapa sukses dan terkenalnya seorang Chairul Tanjung tentu tidak akan lengkap jika tidak melihat kisah hidup yang telah dijalaninya. Seorang Chairul adalah seorang yang sangat cakap terbukti dari darah yang mengalir pada dirinya, hal ini karena dari kedua belah pihak orang tuanya memiliki jiwa nasionalisme dan jiwa kewirausahaan yang tinggi. Chairul adalah seorang anak laki-laki dari pasangan A.G tanjung Dan Halimah. Orang tua Chairul adalah seorang wartawan dari masa orde baru yang memiliki penjualan cukup sedikit dan seorang ibu yang sangat sayang pada anaknya. Dari kedua orang tuanya ini lah Chairul di didik menjadi seorang laki-laki yang kuat mental untuk menghadapi segala hal. Chairul sendiri lahir di Jakarta pada 16 Juni 1962. Di usianya yang sudah lebih dari setengah abad ini banyak Lika liku kehidupan yang telah dia lalui.

unsplash.com

Perjalanan hidup laki-laki 57 tahun ini tidak semulus jalan tol. Banyak hal yang membuat lelaki ini jatuh bangun. Setelah menyelesaikan studi SMA nya pada tahun 1981 Chairul lalu mengambil jurusan kedokteran gigi yang dia ambil di universitas Indonesia. Universitas tersebut adalah salah satu universitas yang sangat bergengsi. Banyak lulusan universitas tersebut yang berhasil meraih kesuksesan dan menjadi elit politik di negara ini.  Chairul adalah salah satu contoh nyata dari keberhasilan tersebut. Pada masa kekuasaan orde baru, ayahnya yang seorang wartawan di sebuah surat kabar kecil yang memiliki omset tak sampai ribuan harus tutup dengan paksa Karen pengaruh rezim kala itu. Hal itu membuat kehidupan Chairul dan keenam saudaranya yang lain mengalami masa-masa yang cukup sulit. Kehidupan keluarga yang tak kunjung membaik memaksanya untuk mulai melakukan usaha. Dia melakukan usaha sejak mulai di bangku kuliah. Usaha yang dia lakukan sering kali mengalami kebangkrutan karena kurangnya perhatian dan minat masyarakat.

Hingga pada akhirnya Chairul mampu membuat berbagai perubahan dalam hidupnya. Himpitan ekonomi yang sempat singgah dalam hidupnya di jadikan acuan untuk memulai sebuah usaha yang baru. Dengan berbagai keterbatasan dan semangat pantang menyerah Chairul berhasil menjadi seorang pebisnis sukses dan masuk jajaran orang paling berperan dan berpengaruh di Indonesia. Namanya tercatat sebagai salah seorang konglomerat Indonesia yang telah mendunia. Kepiawaiannya dalam membangun bisnis membuatnya harus banyak berhubungan dengan rekan-rekan luar negeri dan banyak urusan bisnis lain. Sepak terjang yang sangat piawai ini membawanya beberapa kali menjadi salah satu orang penting di negeri ini. Salah satunya adalah sebagai pelaksana menteri ekonomi saat itu dan banyak jabatan lain yang menggunakan kepiawaian untuk berbisnis.

unsplash.com

Deretan Bisnis Chairul Tanjung

Banyak bisnis yang digeluti oleh Chairul Tanjung, berbagai macam bisnis telah dia lakukan sejak lama. Ketika berkuliah di universitas Indonesian, Chairul sempat melakukan bisnis pengadaan alat-alat kesehatan akan tetapi bisnis tersebut bangkrut dan dia memulai bisnis bersama tiga rekannya yang lain. Bisnis tersebut adalah bisnis sepatu anak yang langsung membuatnya mendapatkan pesanan 160 ribu pasang sepatu untuk Italia. Hal yang sangat membanggakan sebagai seorang pebisnis pemula akan tetapi hal itu tidak bertahan lama karena perbedaan pemikiran sehingg Chairul memilih hengkang dan memulai bisnis sendiri. Dari hengkangnya ini lah Chairul memulai bisnis berbagai macam hal salah satunya adalah bisnis properti dan bisnis perbankan. Walaupun memulai bisnis dan menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia akan tetapi Chairul tidak pernah lepas dari dunia politik Indonesia. Chairul juga aktif untuk melihat berbagai isu yang kini sedang santer di bicarakan oleh dunia. Berbagai situs yang menurutnya sebagai situs perubahan juga menarik perhatiannya. Salah satunya adalah situs Washingtonunitedformarriage yang kini sedang santer di bicarakan. Hal ini tak hanya terjadi di luar negeri saja akan tetapi di Indonesia isu ini sudah santer terdengar. Sebagai salah satu elit politik dan juga konglomerat Indonesia, pendapatan Chairul tentang hal ini tentu sangat menarik perhatian. Sebagai negara yang mengharamkan hal tersebut tentu isu ini akan sangat menarik. Akan tetapi hal tersebut tidak akan melunturkan eksistensi seorang Chairul di kancah perpolitikan dan dunia usaha Indonesia.