Cara Membersihkan Jamur coklat atau brown mold

Lingkungan atau rumah yang ideal untuk di tempati adalah lingkungan yang bersih, nyaman, sanitasi bagus dan tidak kotor karena jika lingkungan atau rumah kotor maka akan memicu tumbuhnya berbagai jamur yang selain mengganggu estetika keindahan rumah anda, jamur juga dapat menimbulkan efek yang tidak baik bagi kesehatan manusia apalagi jika dalam jangka panjang. Oleh karena itu menjaga kebersihan sangat penting dan wajib agar terhindar dari jamur yang tumbuh di sekitar anda. namun jika jamur sudah tumbuh maka alangkah baiknya untuk segera di bersihkan dan di basmi agar jamur tersebut tak tumbuh kembali.

Mengenal jamur coklat atau brown mold

Salah satu jamur type A (type paling berbahaya) adalah jamur coklat atau brown mold, yang mana salah satu contoh dari jenis jamur ini adalah jamur penicillin yang berwarna coklat pekat dan memiliki permukaan yang kasar serta terdapat batas-batas nerwarna putih di pinggirnya. Jamur coklat ini sangat berbahaya jika di hirup oleh manusia dalam kondisi jangka waktu yang lama karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan terutama menyerang gangguan kesehatan pada sistem pernafasan seperti radang paru-paru, infeksi sinus hingga alergi.

Jamur coklat ini menjadi jamur yang cukup berbahaya yang mana merupakan jamur masuk dalam kategori mold. Anda juga harus bisa membedakan antara mold vs mildew karena keduanya merupakan jamur namun tingkatannya berbeda-beda untuk cara membersihkannya.

pixabay.com

Cara membersihkan jamur coklat atau brown mold

Cara membersihkan jamur coklat atau brown mold tidak cukup hanya dengan menggunakan karbol saja, namun ada beberapa langkah yang perlu anda perhatikan. Berikut langkah-langkah cara membersihkan brown mold atau jamur coklat pada dinding maupun permukaan yang berjamur. Siapkan beberapa peralatan di bawah ini :

  • Cuka masak
  • Botol semprot
  • Cat dasar waterproof
  • Air bersih secukupnya
  • Kuas, roll, tempat cat
  • Cat untuk finishing yang asli warna rumah
  • Pengeruk dinding
  • Amplas halus dan amplas kasar
  • Sarung tangan plastik
  • Semen putih

Siapkan larutan Cuka

Pertama-tama siapkan larutan cuka, masukan 1 botol cuka dan satu botol air bersih kedalam botol semprot, perbandingan 1 : 1 digunakan untuk membersihkan jamur yang sudah membandel dan banyak menyebar sedangkan untuk jamur yang tidak terlalu banyak maka gunakan perbandingan 1 : 5, yaitu 1 botol cuka di campur dengan 5 botol air bersih.

pixabay.com

Semprotkan larutan cuka tersebut ke permukaan atau dinding yang berjamur

Setelah selesai membuat larutan cuka, jangan lupa untuk memakai sarung tangan plastik agar tangan anda terhindar dari larutan cuka maupun jamur coklat atau brown mold yang dapat menyebabkan alergi pada kulit ini. setelah menggunakan sarung tangan plastik, mulai semprotkan larutan cuka tersebut ke permukaan atau dinding yang berjamur yang ingin di bersihkan. Semprotkan secara perlahan dan merata melalui jarak yang tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat.

Bersihkan jamur yang mengelupas

Setelah selesai menyemprot permukaan yang berjamur tersebut dengan larutan cuka, diamkan hingga beberapa menit sekitar 20 menit hingga 30 menit maka jamur tersebut akan mengelupas dengan sendirinya. setelah jamur mengelupas, kerik permukaan dinding yang mengelupas tersebut dengan menggunakan pengeruk dinding, kerik semua permukaan dinding dan pastikan tidak ada jamur yang tertinggal. Ketika anda selesai mengerik dinding atau permukaan yang terkena jamur tersebut nantinya dinding tersebut teksturnya akan berubah menjadi kasar.

pixabay.com

Cat ulang dinding yang telah di bersihkan tersebut

Ketika sudah selesai mengerik jamur yang terdapat di dinding, maka amplas terlebih dahulu permukaan dinding bekas jamur tersebut karena dinding bekas jamur tersebut memiliki permukaan yang kasar. Amplas hingga dinding kembali menjadi halus. Setelah selesai mengamplas dinding, proses selanjutnya adalah mengecat ulang dinding.

Setelah dinding di amplas maka cat dinding tersebut dengan cat dasar waterproof, cat permukaan dinding sampai merata dan biarkan hingga kering. Setelah cat dasar waterproof tersebut kering, kemudian anda siap untuk cat ulang  tembok anda sesuai warna sebelumnya atau dengan warna baru tergantung keinginan anda. Siapkan cat, wadah cat, kuas dan rol. Tuangkan cat ke dalam wadah cat dan perlahan-lahan cat kembali dinding yang telah di cat menggunakan cat dasar waterproof tersebut. cat hingga merata ke seluruh bagian dan biarkan hingga kering. Setelah kering maka dinding anda akan terlihat seperti dinding baru dan yang pasti terbebas dari jamur.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai jamur coklat atau brown mold serta cara membersihkannya yang perlu anda ketahui, usahakan jangan sampai rumah atau lingkungan anda terkena jamur brown mold atau jamur coklat ini karena jamur coklat ini cukup berbahaya bagi kesehatan. Maka dari itu tetap jaga kebersihan, buang barang-barang yang sudah tidak terpakai di gudang, jangan menyimpan barang terlalu lama di gudang apalagi jika gudang tersebut kurang ventilasi dan jarang di bersihkan yang mana akan menjadi tempat jamur tumbuh dan berkembang subur. Pastikan gudang anda selalu di bersihkan dan simpanlah barang dengan rapih serta memiliki ventilasi udara dan sinar matahari yang cukup agar tidak lembab.