Mengenal Jurusan di STTD

Ketika memasuki dunia sekolah khususnya Sekolah Menengah Atas atau SMA, biasanya kita sudah mulai memperhitungkan di mana tempat yang akan kita pilih untuk melanjutkan pendidikan khususnya melanjutkan pendidikan perkuliahan. Ada banyak universitas yang bisa Anda pilih baik universitas negeri maupun universitas swasta yang sudah tersebar luas di Indonesia.

Ada cukup banyak alasan yang memacu kita semua untuk bisa masuk dalam perguruan tinggi yang kita impikan. Akan tetapi, di Indonesia ini tidak hanya memiliki universitas negeri dan swasta saja namun juga ada beberapa universitas di Indonesia yang memberikan banyak kelebihan sekaligus memberikan masa depan dan jaminan masa depan yang cerah.

Memilih Kuliah di STTD

Ada banyak orang yang bahkan tidak mengetahui tentang beberapa sekolah kedinasan yang ada di Indonesia. Padahal, di Indonesia juga sudah ada cukup banyak kampus khususnya kedinasan yang memberikan fasilitas yang lengkap bagi siapa saja yang akan kuliah di dalamnya. Nah, untuk salah satu rekomendasi akan kampus yang bisa Anda pilih adalah STTD atau Sekolah Tinggi Transportasi Darat.

Sebelum Anda semua paham akan kelebihan yang bisa didapatkan selama kuliah di STTD, maka yang perlu kalian pahami adalah jurusan di STTD. Beberapa jurusan yang nantinya bisa Anda pilih yaitu:

pxhere.com
  • D4 Transportasi Darat

Jurusan ini nantinya mengajarkan kepada seluruh mahasiswanya untuk mengetahui dan memahami secara detail segala jenis transportasi darat yang ada di Indonesia. Mulai dari LLAJ, Perkretaapian, ASPD dan lainnya. Jurusan ini nantinya bisa Anda tempuh selama 8 semester atau 4 tahun masa pendidikan dan gelarnya adalah S.ST.

  • D3 LLAJ

LLAJ adalah Lalu Lintas Angkutan Jalan. Maksud dari jurusan ini mempelajari lalu lintas Angkutan Jalan dengan melakukan survey keefektifan penggunaan jalan raya. Untuk simulator kendaraan bermotos juga nantinya akan disediakan di jurusan ini demi mendukung kegiatan belajar mengajar. Jurusan ini nanti dapat Anda tempuh selama 6 semester atau 3 tahun dengan gelar A.Md LLAJ.

  • D3 Perkretaapian

Kemudian, ada jurusan lain yang bisa Anda pilih adalah jurusan transportasi khususnya jalan besi atau perkeretaapian. Di sini, para mahasiswanya akan diberikan beberapa peraturan dan pengetahuan tentang dunia perkeretaapian. Di kampus ini bahkan ada beberapa fasilitas pendukung seperti laboratorium yang mendukung proses belajar mengajar para mahasiswanya.

  • D2 PKB

PKB ini adalah Pengujian Kendaraan Bermotor. Sama dengan jurusan sebelumnya, bahwa jurusan D2 PKB ini akan mempelajari tentang salah satu atau beberapa pengujian yang nantinya dilakukan terhadap kendaraan baik roda 4 maupun lebih. Nantinya jurusan ini bisa ditempuh selama 4 semester atau hanya 2 tahun masa pendidikan dan mendapatkan gelar A.Ma PKB.

  • D3 LLASDP

LLASDP ini adalah Lalu Lintas Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan. Nantinya jurusan ini akan mempelajari beberapa hal yang berhubungan dengan penyeberangan lintas pulau. Bagi mahasiswa yang lulus dari jurusan ini maka akan mendapatkan gelar A.Md LLASDP.

Sebelum Anda masuk ke kampus STTD yang bergengsi ini, Anda membutuhkan banyak informasi tentang bagaimana cara untuk bisa masuk di kampus ini. Apalagi kampus ini cukup diincar oleh banyak orang khususnya yang ingin bekerja dengan jaminan keterikatan dinas yang terbaik di Indonesia.

Tidak perlu khawatir karena untuk bisa masuk dalam salah satu jurusan yang ada di kampus ini, Anda bisa belajar sekaligus mengikuti bimbel STTD. Di mana bimbel yang akan diadakan ini membahas tentang berbagai informasi dari masing-masing jurusan yang akan dipilih. Baik bagaimana cara penerapan, Undang-Undang serta peraturannya, dan masih banyak lagi lainnya.

pxhere.com

Kelebihan Kuliah di STTD

Setelah Anda mengikuti bimbel STTD yang saat ini memang sudah diadakan oleh beberapa orang, maka yang harus kalian pahami pastinya kelebihan-kelebihan apa saja yang akan didapatkan selama Anda kuliah di kampus ini. Beberapa kelebihannya adalah:

  • Dinaungi Kementerian Terkait

Kampus ini sudah dinaungi secara langsung oleh kementerian terkait. Apabila Anda kuliah di kampus ini, maka jaminan yang bisa Anda dapatkan tentunya dinaungi secara langsung oleh Kementerian Perhubungan. Hal ini memiliki alasan bahwa dengan dinaungi secara langsung, mampu menciptakan tenaga kerja yang terlatih pada bidang kementerian atau instansi negara tertentu.

pxhere.com
  • Biaya dan Fasilitas Gratis

Dengan memutuskan untuk sekolah di beberapa sekolah yang berhubungan dengan kedinasan ini, pastinya Anda akan mendapatkan jaminan dengan biaya dan fasilitas yang lengkap. Bahkan untuk biaya pendidikan pun akan ditanggung seluruhnya oleh pemerintah. Anda juga bisa mendapatkan kampus yang nyaman disertai dengan hunian berupa asrama yang nyaman.

Jadi, itulah beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan apabila Anda tertarik untuk kuliah di STTD. Anda hanya perlu menentukan jurusan di STTD seperti apa yang akan Anda pilih. Pilihlah jurusan yang mampu membantu Anda dalam mempermudah pembelajaran yang akan dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *