Kabupaten Sampang

Kabupaten Sampang berada di Pulau Madura. Letaknya secara administrasi berada di propinsi Jawa Timur. Jika ditempuh dari Surabaya, jaraknya sekitar 100 kilometer. Sampang adalah ibukota Kabupaten ini.

Tentang Kabupaten Sampang

Luas Wilayah

Luas Kabupaten Sampang yakni 1.2333,30 Km2. Terdiri dari 180 Desa, 6 Kelurahan dan 14 Kecamatan. Pangerangan merupakan kecamatan terkecil, (42,7km2). Sedangkan Kecamatan terluas yakni Kecamatan Banyuates, luasnya 121,03 km2, (11,22%).

Kabupaten Sampang berbatasan dengan laut Jawa di sebelah utara. Di timur, dengan Kabupaten Pamekasan. Di selatan dengan Selat Madura dan dengan kabupaten Bangkalan di sebelah barat.

Pariwisata

Ada beberapa tempat wisata di Sampang. Diantaranya pantai Camplong, Kuburan madegan, Air Terjun Toroan, Rimba Monyet, Situs Makam Pangeran Santo Merto, Monumen Sampang, Wisata Alam Goa Lebar dan Pulau Mandangin.

Nah yang terakhir ini, bisa anda coba. Di Pulau Mandangin, anda akan disuguhi tersendiri. Ada pemandangan pantai yang khas, kapal-kapal nelayan, pasir putih, pepohonan rindang dan asri dan masih banyak lagi. Anda juga bisa menikmati ikan segar hasil tangkapan nelayan sambil menikmati keindahan pantai.

Mandangin merupakan salah satu pulau di Kabupaten Sampang, pulau ini dihuni sekitar 3000 penduduk,  mereka mayoritas nelayan. Di Pulau Mandangin, ada beberapa lokasi yang bisa dikunjungi. Diantaranya pantai candin, disana ada penginapanya. Anda bisa menikmati matahari terbit dipagi hari.

Selanjutnya, anda bisa mengunjungi makam Bangsacara dan ragapadmi. Ada kisah pilu terjadi perihal makam ini. Menurut cerita, bangsacara merupakan anak buah raja bernama bidarba. Raja bidarba membunuh bangsacara agar bisa mempersunting istrinya.  Namun ragapadmi kemudian bunuh diri. Suami-istri itu lalu dimakamkan di satu tempat, beserta dua anjing peliharaannya.

Fasilitas umum di Pulau Mandangin lumayan lengkap. Sehingga anda tidak perlu kuatir. Mulai dari warung yang menyediakan makanan, termasuk olahan hasil ikan segar. Kemudian tempat ibadah (masjid), perahu wisata dan toilet tersedia. Menuju kesana, anda akan menyeberang dengan perahu dan nelayan sebagai pemandu dengan membyar 10 ribu rupiah per orang.  Ketika sudah memasuki lokasi wisata, tidak dikenai biaya tiket..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *