Kalori Pisang yang Tinggi Apakah Harus Dihindari Mereka yang Diet?

Seperti yang kita semua tahu, pisang merupakan salah satu buah yang sangat bagus untuk pencernaan. Biasanya, mereka yang tidak bisa BAB akan mengonsumsi pisang dalam jumlah tertentu demi memperlancar salah satu system ekskresi manusia ini. Selain kandungan gula dan kalorinya yang cukup tinggi, buah ini juga mampu memberikan rasa bahagia kepada mereka yang memakannya. Namun yang menjadi pertanyaan, mengapa pisang dihindari untuk mereka yang melakukan diet? Nah, kali ini mari kita bahas tentang kalori pisang dan kaitannya dengan diet. Check this out!

Kalori Dalam Pisang

Ada ungkapan bagi para pelaku diet rendah karbohidrat, mengonsumsi pisang haram hukumnya. Hal ini tidak terlepas dari info yang mengatakan jika kalori buah ini sangat tinggi. Alhasil, para pelatih kebugaran pun kerap meminta kliennya untuk tidak memakan pisang agar penurunan berat badan bisa sukses. Dilansir dari doktersehat.com, hal ini juga mungkin dikarenakan dalam 1 buah pisang sendiri mengandung 105 kalori dan 27 gr karbohidrat yang setara dengan 14 gr gula atau 2 potong roti putih. Adapun gula dalam pisang sendiri berupa fruktosa yang mampu dicerna cepat oleh tubuh dan bisa membuat lonjakan insulin.

Lalu Apa Pisang Harus Dihindari?

Namun menurut pakar bernama Alissa Rumsey dalam doktersehat.com, pisang tidak akan membuat diet gagal. Beberapa buah pisang tidak akan mampu mengubah bobot tubuh seseorang. Menurutnya, pisang memang mengandung gula namun bentuknya adalah gula alami yang berbeda dengan gula untuk tambahan kopi. Gula dalam pisang adalah sumber potassium dan serat, vitamin C, B6, serta antioksidan, sementara gula dalam kopi memberi efek yang berbeda.

Jadi apabila Anda ingin diet, Anda hanya perlu berolahraga dan mengubah pola makan. Memusuhi pisang bukanlah hal yang tepat karena pisang juga mendatangkan manfaat. Dilansir dari Fimela.com, memakan pisang sebelum atau sesudah olahraga dapat memulihkan otot sehingga tidak akan nyeri saat digunakan berlatih. Memakan pisang disertai air putih juga dapat membantu memperlancar pencernaan.

Demikian ulasan mengenai kalori pisang dan hubungannya dengan diet. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *