Kekayaan Bawah Laut Teritorial Indonesia

teritorial merupakan bagian laut yang menjadi wilayah kedualatan suatu negara selain wilayah daratan. Laut teritorial suatu negara tentu memiliki batas tersendiri. Iya batas laut teritorial merupakan perairan laut suatu negara yang dikuru dari pantai terluar atau terdalam dengan jarak 12 mil ke laut lepas. Namun jika ada dua negara atau lebih yang mengalami proses interaksi sosia yang memungkinkan akan menguasai satu lautan tersebut, maka akan ditarik sama jauhnya dari masing-masing negara.

Batas Laut Teritorial

Batas laut teritorial pada umumnya disuatu negara adalah sejauh 12 mil yang diukur dari pantai terluar hingga ke laut lepas. Namun apabila dalam jarak tersebut terdapat dua atau lebih negara yang menguasainya, maka akan ditarik sama jauh dari masing-masing negara tersebut. Nah bagian laut yang berada diantara garis dan juga garis batas teritorial disebut sebagai laut teritorial.

Namun apabila laut tersebut letaknya disebelah garis dasar, maka akan masuk ke kawasan laut internal atau perairan dalam. Garis dasar adalah garis khayal yang berfungsi sebagai penghubung seluruh titik yang ada diujung dari pulau terluar di suatu negara.

Jenis Fauna yang Banyak Hidup di Laut Teritorial Indonesia

Berbicara tentang flora dan fauna tentu Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan hal tersebut, baik di daratan maupun dilautan. Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tidak akan habis diceritakan. Indonesia memiliki wilayah laut teritorial yang cukup luas yang menjadi pemisah antar satu pulau dengan pulau lainnya di Indonesia. Di dalam lautan Indonesia, terdapat banyak kekayaan fauna yang diantaranya sebagai berikut:

  1. Terumbu karang.

Perairan Indonesia memang terkenal dengan keindahan terumbu karangnya yang khas di laut tropik. Terdapat berbagai macam terumbu karang yang menyajikan keindahan bawah laut yang luar biasa.

  1. Padang Lamun

Padang lamun merupakan ekosistem khas yang ada di perairan laut dangkal dan hangat dengan dasar pesisir.

  1. Berbagai Macam Jenis Ikan

Di Indonesia sendiri terdapat ribuan spesies ikan mulai dari ukurannya yang paling kecil hingga yang besar.

  1. Kura-kura

Kura-kura dan penyu menjadi salah satu penghuni laut di Indonesia yang menjadi bukti bahwa negara Indonesia sangat kaya akan keindahan alam bawah lautnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *