Kerupuk Bangka

Kerupuk bangka atau kerap disebut kemplang merupakan kerupuk khas dari Bangka. Pulau Bangka yang di kelilingi laut memiliki variasi hasil laut yang melimpah. Melimpahnya hasil laut ini juga berimbas pada beragamnya makanan olahan hasil laut. Oleh sebab itu masyarakat sekitar membuat paduan antara olahan camilan dengan ikan menjadi kemplang alias kerupuk bangka.

Kerupuk ini berbahan dasar campuran antara tepung tapioka dan ikan tengiri. Penggunaan ikan tengiri ini membuat cita rasa dari kemplang terasa berbeda dan lebih gurih. Meski berbahan dasar ikan tengiri, kerupuk ini juga memiliki varian rasa lain yaitu rasa udang dan rasa cumi-cumi. Penambahan rasa ini untuk meningkatkan minat pembeli.

Cara Membuat Kerupuk Bangka

Untuk membuat kerupuk bangka ini, Anda perlu menyiapkan daging ikan tengiri yang sudah dihaluskan. Daging ini kemudian dicampur dengan bumbu seperti gula, garam, merica, dan penyedap rasa. Aduk rata campuran tersebut, lalu tambahkan telur dan aduk kembali. Selanjutnya masukkan air dingin, lalu tepung tapioka. Masukkan tepung tapioka dengan perlahan.

Aduk adonan hingga kalis. Setelah kalis, bentuk adonan menjadi bulat memanjang menyerupai tabung. Selanjutnya kukus adonan hingga matang, kurang lebih 20 hingga 30 menit. Sesudah itu dinginkan dan potong tipis-tipis adonan. Jangan lupa jemur kerupuk mentah tersebut hingga kering dan kerupuk bangka siap untuk digoreng.

Sambal Pendamping Kerupuk Bangka

Kerupuk bangka memang bisa dimakan begitu saja maupun dijadikan lauk untuk makanan berat. Namun sebenarnya kerupuk bangka memiliki sambal yang bisa menemani waktu ngemil Anda jadi lebih nikmat. Sambal yang memiliki rasa pedas manis sangat cocok dengan rasa gurih dan aroma ikan dari kerupuk bangka.

Sambal yang kerap disebut kuah merah ini berbahan dasar dari cabai giling yang dicampur dengan gula pasir, garam, dan tepung maizena yang dicairkan. Untuk para penggemar pedas, perbandingan cabai giling bisa ditambahkan lebih banyak.

Versi lain mengatakan jika sambal ini menggunakan perasan jeruk nipis. Penggunaan perasan jeruk nipis ini akan menimbulkan rasa asam. Rasa asam ini juga akan membuat sensasi pedas asam yang segar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *