Tips Dan Cara Menghafal Mukjizat Alquran Dengan Cepat

Sebagai seorang muslim yang  percaya dengan Agama Islam dan juga isi yang ada di dalam AL-Qur’an akan menjadi  sebuag kebanggaan tersendiri jika mampu menghafal semua ayat yang ada di dalam AL-Qur’an  dan bukan hanya sekedar menghafal saja nmaun juga mampu memahami semua yang di jelaskan di dalam AL-Qur’an  dan akan lebih baik lagi jika mampu menggunakan apa yang di pelajari di dalam AL-Qur’an  ke dalam kehidupan yang dilakukan. Setiap  muslim bisa dan memang memiliki kesempatan untuk  dapat menjadi seorang hafidz atau hafidzah yang mampu menghafal dan memahami apa saja isi yang ada di dalam AL-Qur’an  dengan baik karena selama ada niat, ketekunan dan kedisiplinan yang anda terapkan dalam diri anda maka menghafal AL-Qur’an  masih menjadi hal yang sangat mungkin untuk dilakukan karena bukan hanya orang yang belajar di pondok pesantren saja yang bisa memahami dan mengahfal semua surat yang ada di dalam AL-Qur’an. Jika and tertarik maka anda dapat belajar tentang cara menghafal alquran dengan cepat dan mudah untuk dilakukan oleh anda yang bahkan bukan lulusan dari pondok pesantren sekalipun. Cara ini akan dijelaskan dalam bahasan kali ini.

pixabay.com

Cara Cepat Dan Mudah Untuk Menghafal Mukjizat Al-Qur’an

Sebelum anda menggunakan cara menghafal alquran dengan cepat dan mudah anda harus memiliki akar yang kuat yaitu anda harus harus mampu membaca AL-Qur’an dengan ejaan yang benar karena hal pertama yang dibutuhkan oleh seseorang yang mau menghafal isi AL-Qur’an dengan baik adalah harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara membaca AL-Qur’an dengan baik. Setelah anda memang telah memahami kemampuan untuk membaca AL-Qur’an dengan baik maka anda bisa melakukan beberapa cara mudah dan cepat untuk menghafal AL-Qur’an berikut ini:

  1. Terapkan one day one juz. Ini adalah salah satu ara membaca AL-Qur’an yang tengah tren dikalangan muslim yaitu menerapkan satu hari minimal harus membaca satu juz di dalam AL-Qur’an. Memang untuk awal-awal akan terlihat sulit untuk dilakukan namun cara ini akan membantu anda untuk dapat mengingat setiap ayat dalam AL-Qur’an.
  2. Baca minimal satu ayat setelah selesai sholat. Ini adalah hal yang cukup mudah karena memang setelah selesai sholat anda sebaiknya memang mengisi dengan mengaji dan untuk membantu anda agar mudah hafal dengan AL-Qur’an maka minimal anda harus membawa satu surat beserta maknanya setelah selesai sholat.
  3. Hafalkan di pagi hari dan saat akan sholat dan selesai sholat tahajud. Ada tiga saat yang paling tepat untuk menghafal AL-Qur’an yaitu sebelum dan sesudah sholat tahajud dan saat selesai sholat subuh. Anda juga dapat menghafal saat akan tidur dan setelah itu anda jangan langsung tidur. Saat-saat itu adalah saat dimana otak masih sangat fresh dan mampu bekerja dengan maksimal untuk menghafal isi yang ada di dalam AL-Qur’an.
  4. Kapan saja selalu mendengarkan ayat AL-Qur’an. Saat ini anda bisa mendengarkan orang mengaji kapan saja dengan android yang anda miliki maka anda perlu memanfaatkan hal ini untuk menghafal AL-Qur’an karena manusia akan lebih mudah untuk menghafalkan apa yang mereka dengarkan setiap hari dan ini juga akan mudah untuk dilakukan di bandingkan dengan cara lain yang di sebutkan di atas. Sama halnya saat anda selalu mendengarkan lagu maka secara tidak langsung anda juga akan hafal dengan lagu yang anda dengarkan setiap hari.
pixabay.com

Tips Pendukung Untuk Menghafal Al-Qur’an

Untuk pilihan yang pertama anda dapat mulai dengan surat al humazah atau surat-surat yang mudah dan memang sudah anda kenal sebelumnya. Untuk surat  yang memiliki jumlah ayat yang banyak bisa anda lakukan di akhir karena akan membutuhkan usaha yang keras. Namun cara yang disebutkan di atas hanya bisa berhasil jika anda selalu konsisten dan juga disiplin pada diri anda sendiri. Niat dan selalu memiliki semangat untuk melakukan banyak hal di atas untuk dapat menghafal AL-Qur’an akan membuat anda berhasil. Meskipun memang aka nada saat dimana anda akan merasa jenuh atau mulai malas untuk melakukan itu namun anda harus tetap memberikan semangat pada diri anda karena cobaan dan halangan bagi orang yang ingin menghafal AL-Qur’an memang sangat berat dan tidak akan terduga. Namun karena sejak awal anda sudah meneguhkan hati dan memiliki niat yang besar maka anda harus konsisten. Anda bisa berada di lingkungan atau tempat yang bisa mendukung cita-cita anda untuk dapat menghafal AL-Qur’an ini seperti berada di lingkungan masjid atau berteman dengan orang yang memiliki tujuan yang sama maka itu akan membuat anda lebih semangat dan bisa saling mengingatkan satu sama lainnya. Karena lingkungan anda juga akan memberikan pengaruh yang sangat besar bagi anda. Itu adalah tips tambahan yang bisa anda lakukan juga saat ini menghafal AL-Qur’an. Seorang muslim yang mampu menghafal dan mengamalkan AL-Qur’an akan mendapatkan tempat yang baik dan martabat yang tinggi di surge dan akan menjadi salah satu muslim yang selamat di akhir jaman nanti.

pexels.com

Di dalam artikel  ini sudah di jelaskan tentang cara menghafal alquran dengan cepat dan beberapa tips yang akan mendukung apa yang ingin anda lakukan ini. Semua yang ada di dalam bahasan kali ini dapat coba untuk anda lakukan jika anda memiliki semangat dan keteguhan hati untuk menghafalkan AL-Qur’an dan menjadi salah satu muslim yang beruntung dan disukai oleh Allah SWT.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *