Control Panel Linux Terbaik, Simak Keunggulan cPanel Free Hosting

pexels.com

Bagi pengguna website yang masih baru, mungkin akan mendengar tentang cPanel. Namun apa itu sesungguhnya cPanel ? cPanel adalah salah satu control panel yang berbasis Linux, dan banyak digunakan pada akun web hosting. Melalui panel ini maka anda dapat mengelola seluruh layanan dalam satu tempat, membuat cPanel menjasi standar yang paling banyak digunakan para developer. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak keunggulan dari cPanel Free Hosting.

Berbagai Keunggulan dari cPanel Hosting

  1. Mudah Digunakan

cPanel hosting adalah sebuah perangkat inreface berbasis web, yang memberikan kemudahan kepada anda ketika membuat sebuah blog atau website. cPanel juga menyediakan user interface atau antarmuka pengguna, sehingga memudahkan pengguna untuk memahami dan mengoperasikannya. Bahkan dengan user interface yang mudah dan jelas tersebut, membuat para pemula pun dapat mengoperasikannya.

Hampir seluruh fitur yang disediakan dapat ditangani atau dioperasikan, dengan tampilan web antar muka. Anda tidak perlu memiliki pengetahuan akan teks Command Shell Linux, seluruh fiturnya menggunakan tampilan yang sederhana dan jelas. Tak heran jika para developer besar pun memilih menggunakan cPanel.

  1. Harga yang Murah

Jika dilihat keunggulan dan fungsi yang diberikan oleh cPanel, harga dari aplikasi ini cukup murah. Bahkan ada pula yang menawarkan cPanel Free Hosting, atau hosting cPanel secara gratis. Meskipun anda harus membayar untuk meggunakan cPanel pun, harganya tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan control panel lainnya.

Dengan harga yang murah, maka pemilik website tidak akan merasa terbebani dalam menggunakan cPanel hosting. Tentunya fungsi dari control panel sangatlah penting dalam sebuah website, hal ini karena cPanel akan membantu anda untuk mengatur website. Mulai dari fitur login hingga setiap menunya, dapat diatur dengan mudah melalui cPanel.

  1. Proses Backup yang Mudah

Keamanan adalah hal yang sangat krusial, dan herus diperhatikan dalam website. Apalagi saat ini kejahatan cyber seperti virus maupun hacker, mulai tersebar dengan luas. Sehingga kita sebagai pemilik website handaknya selalu menjaga data di dalam website, dengan melakukan backup. Proses backup adalah menyalin, atau memindahkan kumpulan informasi kedalam perangkat lain.

Dalam dunia teknologi, proses bckup adalah hal yang harus selalu kita lakukan. Dengan membackup setiap informasi penting, maka kita telah mengantisipasi ketika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. cPanel hosting pun menyediakan fasilitas backup, sehingga penggunanya dapat dengan mudah untuk membackup atau menyimpan website ke komputer.

  1. Pengelolaan Email dengan Mudah

Tidak hanya memberikan fitur keamanan yang lengkap, namun cPanel free hosting juga mampu mengelola email dengan mudah. Anda dapat membuat email account yang baru, membuat Mailing List, serta mengimport email account dari komputer menuju website. Seluruh hal tersebut tentunya dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Jika anda membuat sebuah website untuk urusan bisnis, tentu email adalah salah satu media yang penting dalam menerima pembelian maupun pertanyaan. Dengan membuat Mailing List, maka seluruh pesan dapat dilihat dengan lebih teratur. Dengan menggunakan cPanel, maka kita dapat mengatur Mailing List dengan lebih mudah dan cepat.

  1. Mempercepat Transfer Data Website

Apalagi yang dapat dilakukan oleh cPanel ? Pada dasarnya control panel ini memang memiliki keunggulan, serta fungsi yang cukup banyak. Bisa dibilang hampir seluruh kegiatan dalam mengelola website, akan menjadi lebih mudah dengan adanya cPanel ini. Untuk itu tidak ada alasan lain lagi untuk tidak menggunakan cPanel.

Perangkat ini pun mampu membantu anda untuk mentransfer data webste dengan cepat, hal ini karena cPanel free hosting menyediakan fasilitas pembuatan FTP Account. Dimana FTP Account adalah akun untuk File Trans Protocol, yaitu sebuah  protokoll yang menjadi standar dalam pengiriman file. Dengan adanya fitur pembuatan FTP ini, maka anda dapat mentransfer data website dari server ke komputer maupun sebaliknya.

  1. Fitur Parkir Domain

Satu lagi keunggulan dari cPanel yang digemari oleh masyarakat, yaitu hosting ini menyediakan fasilitas Parkir Domain. Dimana fitur ini memungkinkan anda, untuk memarkir domain pasif ke domain aktif.  Tujuan dari adanya fitur ini adalah, agar setiap orang yang mengunjungi domain anda yang pasif, dapat terlihat aktif.

Dengan domain yang terlihat aktif tersebut, maka pengunjung pun dapat berasumsi bahwa domain tersebut masihlah beroperasi. Apa pengaruh dari fitur ini ? Parkir domain sangat berpengaruh dengan traffic pengunjung website anda. Dengan fitur ini, maka pengunjung yang datang ke domain aktif pun dapat menjadi lebih meningkat.

7.Melihat Informasi Website dengan Mudah

Ketika membuat sebuah website, tentu kita perlu memperhatikan website tersebut. Mulai dari mengetahui berapa pengujung yang diperoleh setiap minggu, atau mengetahui informasi bandwidth yang telah terpakai. Seluruh informasi dari website tersebut, bisa anda lihat dengan mudah jika menggunakan cPanel free hosting. Dengan tampilan interface yang mudah dipahami, maka anda pun bisa memahami secara jelas setiap informasi penting webste anda.

Dalam membuat sebuah website, mungkin anda cukup kesulitan untuk membuatnya. Anda bisa menggunakan jasa layanan seperti Niagahoster untuk membuat website anda, dapatkan pula kode promosi Niagahoster yang cukup menarik. Setelah website telah selesai dibuat, maka gunakan cPanel untuk mengontolnya dengan lebih mudah.

  1. Keamanan Terjamin

Setelah terdapat fitur backup, keamanan dari cPanel ini semakin lengkap dengan adanya fitur automated deployment. Fitur tersebut membuat pengelolaan akan menjadi minimal, dan proses maintenance juga menjadi lebih efisien. Tidak hanya itu saja, cPanel juga memiliki fitur yang mampu mengupdate fitur keamanan website dan aplikasi lainnya secara otomatis.

Perlu kita tahu, website tentu sangat rentang terkena serangan dari hacker. Sedangkan website kita memerlukan keamanan, sebagai penghalang antara data informasi dalam website dengan serangan hacker. Dengan sistem keamanan yang selalu terupadate secara otomatis tersebut, maka kemungkinan terjamah hacker pun dapat menjadi lebih menurun. Dengan seluruh fungsi fitur lengkap yang dimiliki cPanel free hosting, aplikasi ini sangat patut untuk anda coba !

Melihat perkembangn zaman yang semakin meningkat, membuat masyarakat pun harus berkenalan lebih dengat dengan website. Jika sebelumnya web hanya dimiliki oleh perusahaan atau instansi yang besar, kini usaha kecil pun banyak yang membangun website agar lebih dikenal masyarakat. Dalam mengelola maupun mengatur website agar lebih mudah, maka cPanel adalah pilihan yang tepat.