Tentang Kuliah Jurusan Hubungan Internasional dan Prospek Kerjanya di Masa Depan

pixabay.com

Meskipun masih kalah dibanding beberapa jurusan populer, nyatanya jurusan hubungan internasional semakin menunjukkan peningkatan jumlah peminat beberapa tahun belakangan ini.  Hal ini bisa dilihat dari semakin bertambahnya jumlah peminat lewat jalur SNMPTN dari tahun ke tahun. Sementara  lewat SBMPTN yang terbilang kecil peluang masuknya, juga menunjukkan persaingan yang begitu ketat. Anda yang berminat dengan jurusan inipun harus siap dengan ketatnya persaingan.

Mengenal Lebih Dekat dengan Jurusan Kuliah Hubungan Internasional

Mungkin alasan beberapa calon mahasiswa yang meminati jurusan ini adalah anggapan bahwa berkuliah jurusan ini akan membuat Anda sering jalan-jalan ke luar negeri, terhindari dari mata kuliah yang tidak disukai atau bahkan hanya sekedar ikut-ikutan teman. Semoga saja Anda tidak termasuk seperti mereka ya.

Nah, perlu Anda ketahui bahwa dasar dari perkuliahan jurusan hubungan internasional adalah politik. Jurusan ini mengajak mahasiswanya untuk mempelajari berbagai kondisi ekonomi, politik maupun budaya berbagai negara. Selain itu, mahasiswa juga belajar tentang bagaimana hubungan mereka bersama negara lain. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa jurusan ini akan menyajikan Anda berbagai macam pengetahuan, bahkan nyaris tentang semua negara di dunia.

Setelah mengetahui sekilas tentang apa yang dipelajadi di perkuliahan jurusan ini, hal yang mungkin juga perlu atau ingin untuk Anda ketahui berikutnya adalah bagaimana prospek karir yang ditawarkan. Setelah lulus dari jurusan ini, mahasiswa bisa berkarir sebagai diplomat, mediator, analis politik, pengacara internasional, ahli internasional dan lain sebagainya yang berhubungan dengan masalah antar negara.

Nah bagi pemberi kerja di seluruh dunia, mahasiswa lulusan hubungan internasional cenderung lebih disukai karena dianggap memiliki kelebihan denganb keahlian komunikasi dan bahasa dengan pengetahuan dan wawasan yang luas terkait politik domestik maupun internasional. Sementara itu, pemberi kerja juga tetap mendapat manfaat dari keahlian interdisipliner lain yang mungkin dimiliki oleh calon karyawan mereka tersebut.

Prospek Kerja Lulusan Hubungan Internasional

Menyandang gelar sebagai lulusan hubungan internasional, seseorang bisa saja diterima bekerja di manapun di dunia. Dengan kata lain, peluang untuk bisa berkarir dan mendapat penghasilan terbuka lebih luas karena tak hanya bertempat di satu daerah saja.

Nah, karir yang mungkin bisa dilirik  oleh lulusan kuliah hubungan internasional antara lain sebagai Konsultan Hubungan Masyarakat, Eksekutif Hubungan Masyarakat, Ahli Riset Masyarakat, Asisten Politisi ataupun menjadi petugas Layanan Sipil.

Dalam jenjang karirnya, jabatan yang mungkin ditempati antara lain sebagai Petugas Amal, Akuntan Forensik, Pegawai Negeri Sipil, Riset Pasar, Jurnalis maupun Stockbroker.  Di dunia sendiri, ada berbagai lembaga dan korporasi raksasa yang membutuhkan lulusan hubungan internasional ini. mereka diantaranya adalah PBB,  Komisi Eropa, Layanan Sipil maupun di sektor publik dan organisasi non pemerintah lainnya.

Nah, jika Anda berminat untuk ikut  kuliah hubungan internasional ini, sebaiknya segera persiapkan diri sedini mungkin untuk mengikuti SNMPTN dan SBMPTN 2020 mendatang. Dengan berlatih mengerjakan soal sbmptn soshum sejak awal, Anda akan lebih terbiasa dengan soal-soal dan tekanan yang ada selama UTBK nantinya.

Oiya, perlu diketahui pula bahwa agar selama perkuliahan berjalan dengan lancar dan mendapatklan hasil yang optimal, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana karakteristik Anda sebagai calon mahasiswa. Perkuliahan jurusan dalam rumpoun Soshum ini akan lebih ideal jika dijalani oleh mahasiswa yang memiliki  karakteristik antara lain

Mengikuti politik dalam dan luar negeri

Apakah Anda termasuk orang yang suka dengan berita dan isu politik dalam dan luar negeri? Jika iya, lanjutkan. Karena dasar kuliah hubungan internasional adalah politik dimana Anda juga perlu mengikuti perkembangan dunia politik baik hal politis yang terjadi, partai politik, aktor politik hingga berbagai macam putusan politik.

Tahan membaca buku teori

Apabila Anda termasuk sebagai orang yang suka membaca buku sejarah, biografi  maupun teori pemikiran, lanjutkan. Selama perkuliahan, Anda akan dipertemukan dengan berbagai macam teori dan paham yang menjadi bekal dalam melakukan berbagai pendekatan terhadap segala sesuatu yang dilakukan oleh negara-negara.

Suka berinteraksi dengan orang

Apabila sehari-hari Anda adalah orang yang suka berinteraksi dengan orang lain seperti bergaul, mengobrol hingga mempengaruhi orang dengan pendapat, maka lanjutkan. Hal ini karena seni bersosialisasi dianggap penting untuk menjalani proses kuliah maupun kesuksesan karir kelak.

Tidak segan bicara di depan umum

Selama kuliah, mahasiswa akan sering melakukan presentasi dan debat, sehingga jika Anda enggan untuk berpidato, sebaiknya pikir-pikir lagi sebelum mendaftar ke jurusan ini. bisa dikatakan bahwa jurusan ini adalah tempatnya orang yang suka berbicara di dapan umum.

Gemar melakukan analisa studi kasus

Selain rajin mengikuti update berita dan isu politik, Anda juga sebaiknya memiliki curiousity untuk melakukan studi kasus atas berbagai isu yang diulas. Dengan demikian, Anda juga sebaiknya peka dan mampu melihat suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda.

Itulah tadi beberapa ulasan singkat tentang perkuliahan hubungan internasional lengkap dengan prospek kerja dan kriteria mahasiswa yang ideal. Manfaatkan pula situs seperti edutore.com untuk menemukan lebih banyak informasi seputar perkuliahan dan persiapan masuk yang bisa sangat bermanfaat bagi Anda.