Aneka Macam Olahan Kurma Yang Sederhana dan Enak

pixabay.com

Kurma? Buah asal daerah jazirah arab ini sudah menjadi sorotan dunia ketika melalang buana ke Mekah. Siapa pun seolah harus membawanya pulang untuk menjadikannya sebagai buah tangan. Selain itu, buat kamu yang ingin melihat langsung pohonnya juga tidak terlalu sulit. Sebab terkadang tak jarang pula ketika kamu melintas di sana satu dua pohon kurma muncul di matamu.

Nah! Buat kamu yang sengaja beli banyak di tempat grosir kurma, buat kurma untuk oleh-oleh dan dibagikan kepada orang-orang di rumah mau pun tetangga, sebenarnya selain hanya sekadar dibagi-bagikan dalam bentuk buahnya saja, kamu bisa juga mengolahnya dulu menjadi bentuk lain hingga orang bisa merasakan surprise yang kamu berikan pula dalam bentuk lain buah kurma. Lalu, apa saja olahan buah kurma tersebut? Simak artikel berikut!

5 Macam Olahan Kurma Yang Mudah

1. Puding Kurma atau Agar Kurma

Kan, siapa bilang kurma hanya dapat dinikmati langsung dimakan tanpa ada olahan lainnya? Kali ini, jika kamu memang sudah benar-benar membeli banyak buah kurma di tempat grosir, kamu bisa mengolahnya menjadi olahan bahan makanan lain.

Sehingga selain tidak bosan dengan buah yang hanya itu-itu saja juga kamu bis membuka peluang usaha dengan berbagai macam olahan kurma. Salah satu olahan kurma yang paling mudah dan sederha untuk dibuat adalah olahan kurma yang menjelma dalam puding atau agar-agar rasa kurma.

Cara membuatnya mudah saja, kamu hanya perlu menyiapkan bahan puding yang sudah dilarutkan dalam air pqnas yang masih berada di atas kompor menyala, lalu untuk kurmanya sendiri kamu bisa memisahkan buah dan bijinya.

Nah! Kamu ambil bijinya saja lalu masukan ke dalam blebder dan tambahkan sedikit air agar kurma ini menjadi seperti bubur. Setelah itu, kamu campurkan kurma ini ke dalam air puding atau agar-agar, aduk hingga tercampur rata.

Jika rasabya kurang mnis kamu bis menambahkannya dengan gula pasir, aduk kembali hingga rata. Setelah itu, baru masukan ke dalam cetakan puding atau agar-agar, tunggu hingga dingin dan mengeras, maka puding atau agar-agar rasa kurma ini siap dihidangkan. Bagaimana? Mudah bukan?

2. Roti Kurma

Jika kamu pernah menyantap roti rasa cokelat atu keju, tentu tidak menutup kemungkinan pula jika dalam dunia nyata terdapat roti rasa kurma. Yups! Meski tidak sesering roti cokelat atau keju munculnya, barang kali kamu hanya dapat menjumpai roti rasa kurma di tempat-tempat tertentu saja atau untuk mencobanya jika kamu tak kunjung menemukannya di dunia nyata, kamu bis mencoba membuatnya sendiri dan dinikmati bersama orang-orang di sekitarmu.

Lalu, seperti apa sih pengaplikasiannya? Bisa dikata hampir sama dengan roti isi cokelat pada bagian tengah rotinya, kamu bisa juga membubuhkan kurma yang suda diubah ke dalam bentuk selai ke bagian tengah roti. Baik itu roti tawar mau pun roti setengah bundar yang biasa dijadikan sebagai roti hamburger.

3. Cokelat kurma

Pada hari kasih sayang, laki-laki identik memverikan kurma kepada pasangannya. Jika kamu ingin varian cokelat yang berbeda di sisi cokelat jahe,.cokelat kurma bisa menjadi pilihan utama agar mendapat kesan yang berbeda pula. Yups! Kamu bisa menjadikan cokelat yang kamu beli berasa kurma sehingga khas daerah ke arabannya pun terbawa pada hari kasih sayangmu dengan pasanganmu.

Selain itu, cokelat kurma ini juga rasanya tidak hanya manis saja, melainkan legit juga maknyus di lidah. Jika kamu ingin memvelinya namun tak kunjung mendapatkan cokelat kurma ini, kamu bisa membuatnya sendiri karena pada dasarnya jenis olahan kurm hang satu ini sangat mudah dibuat.

Bentuknya bisa bebas, namun yang oling mydah adalah bulat pipih, setelah itu taburu mesis seres warna-warni di atasnya lalu masukan kedalam oven. Panggang sampai sekitar 15 menit, maka cokelat kurma kamu siap untuk menjadi kejutan di hari kasih sayang.

4. Pancake rasa kurma

Jika kamu mengkonsumsi pancake seringnya diairam oleh saus cokelat mau pun strawberry, kali ini kmu bisa mencoba varian pancake rasa baru yang tidak biasa. Yakni, rasa kurma. Yups! Rasa kurma pada pancake ini bisa diaplikasikan pada sausnya yang disiram di beberapa tumpukan pancake sehingga lumer dan dari tampilannya saja biasanya sangat menggoda selera.

5. Keripik kurma

Keripik kurma? Nah! Benar sekali. Sebenarnya, varian olahan dari bahan utama kurma itu sangat banyak termasuk salah satunya adalah keripik kurma. Kamu bisa membuatnya atau membelinya meski sangat jarang ada yang buat. Karena selain bahan utamanya harua didapatkan dari kota Mekah, kamu juga harus menunggu dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

Terlebih lagi dengan tambahan biaya yang tidak sedikit, bukan? Dan yang paling sering kamu jumpai di Indonesia biasanya adalah keripik pisang atau talas. Namun kaku juga sebenarnya bisa menjadi orang baru yang memelopori adanya keripik dalam bentuk buah kurma.

Bagaimana? Sebenarnya sangat banyak lho berbagai macam olahan buah kurma. Jika dalam resep belum ada, kamu bisa menciptakan resep baru dari diri sendiri dulu lalu bisa pula nenjadi peluang usaha kamu.