Profil Kabupaten Nduga

Kabupaten Nduga merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Papua. Iya Kabupaten ini miliki jumlah penduduk yang terbilang belum cukup padat yakni berjumlah 97.012 jiwa pada tahun 2017 lalu. Menurut data BPS 2010, penduduk kabupaten Nduga semuanya memeluk agama Kekristenan. Kabupaten Nduga merupakan kabupaten yang terbilang masih baru karena diresmikan pada tahun 2008 lalu dengan ibukota di Kenyam. Luas dari wilayah ini sekitar 2.18 Km persegi yang terdiri dari 32 Kecamatan, dan 248 kelurahan.

Sejarah Lahirnya Kabupaten Nduga

Daerah ini dulunya merupakan wilayah dari Kabupaten Jayawijaya, kemudian pada tahun 2008 kabupaten ini dibentuk bersamaan dengan 5 Kabupaten di Papua lainnya. Pada tahun 2015 lalu daerah ini juga dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo untuk meninjau pembangunan jalan yang nantinya akan menghubungkan Nduga dan Wamena. Pada kehadiran Bapak Presiden tersebut, rencananya selain dibangung jalan yang menghubungkan daerah Nduga dengan Wamena, pemerintah juga akan membangun pelabuhan Mumugu yang nantinya diharapkan dapat membantu mempermudah pendistribusian logistik dan material ke Mumugu.

Geografi Kabupaten Nduga

Kabupaten Nduga memiliki bentang alam yang berada di lembah baliem yang merupakan lembah aluvial yang terbentang diatas ketinggian 1500 sampai 2000 m diatas permukaan laut. Di daerah ini, antara musim kemarau dan musim huja sulit dibedakan. Lembah Baliem dikelilingi oleh Pegungungan Jayawijaya yang terkenal dengan puncak salju abadinya yang antara lain yaitu puncak Mandala, Puncak Trikora, dan Puncak Yamin.

Pegunungan ini memiliki daya tarik tinggi terutama bagi para wisatawan dan para peneliti ilmu pengetahuan alam. Daya tariknya terdapat pada puncaknya yang selalu ditutupi oleh salju meskipun berad di daerah tropis. Tekstur lereng gunung yang terjal serta lembah sungai yang sempir, dan juga curam menjadi tantangan tersendiri untuk mendaki gunung ini. meskipun aksesnya cukup sulit, namun sepertinya tak mengurangi antusias para pendaki untuk menikmati keindahan alam dari gung ini. Kemudian terdapat cukungan lembah sungai yang luas yang hanya terdapat di Lembah Baliam Barat dan Lembah Baliem Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *