Tips Mudah Renang Gaya Bebas untuk Para Pemula

Renang gaya bebas adalah jenis renang yang dikenal banyak orang karena gerakan renangnya yang tidak serumit gaya lain. Meskipun cenderung mudah, tentu butuh latihan ekstra apalagi bagi pemula baru belajar berenang.

Sebelum mempelajari gaya renang lainnya, maka sebaiknya kuasai dulu gerakan gaya renang bebas. Karena jika tangan dan kaki sudah terbiasa bergerak dalam gaya bebas, maka akan mudah jika ingin belajar gaya lain nantinya. Nah, berikut ini tips mudah berenang gaya bebas khusus untuk pemula.

Tips Mudah Renang Gaya Bebas untuk Para Pemula

pexels.com

Mengayunkan Tangan

Hal pertama yang harus Anda latih jika ingin mahir berenang gaya bebas adalah melatih mengayunkan tangan dengan benar. Ini salah satu kunci utama agar Anda bisa berenang gaya bebas dengan cepat dan mudah.

Untuk berlatih mengayunkan tangan dalam gaya bebas, pertama posisikan tangan sekitar 40 cm dari kepala. Lebarkan jari tangan dan kepala harus lurus dengan badan. Artinya dahi dan wajah berada dalam air namun sebaliknya rambut dan puncak kepala berada di permukaan air.

Jika posisi badan sudah pas, Anda bisa berlatih mengayunkan tangan dimulai dengan gerakan tangan kanan ke bawah lalu ke belakang dalam posisi vertikal. Pada saat bersamaan, posisikan siku dan lengan kiri tetap berada pada permukaan air dan bergerak sedikit ke luar.

Kemudian ayunkan tangan kanan yang berada di air ke arah badan untuk mendapatkan dorongan ke arah depan. Ketika tangan kanan berayun ke arah pinggang, miringkan tubuh Anda sehingga tidak menghambat tangan kanan.

Nah setelah tangan kanan berayun ke arah badan, angkat siku kanan ke atas sehingga ujung siku kanan terlihat di permukaan air. Lakukan cara di atas semirip mungkin pada tangan kiri hingga Anda akan terbiasa dengan gerakan tersebut.

Gerakan Menendang dan Memutar Tubuh

Gerakan menendang dan memutar ini bisa menjadi sumber gerakan dan dorongan agar tubuh bisa bergerak ke depan. Usahakan untuk fokus menendang dengan mengikuti gerakan tubuh. Jangan salah, karena dapat menyeret posisi tubuh dan membuat tubuh cepat merasa lelah.

Untuk menguasai gerakan ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menendang dengan kaki lurus. Energi yang difokuskan berasal dari pinggang dan dada bukan dari lutut, jadi usahakan menendang sekuat mungkin agar energi yang dihasilkan juga besar.

Dalam setiap  ayunan tangan, gerakan menendang bisa dilakukan sebanyak 3 kali, jangan lupa untuk selalu meluruskan jemari kaki. Untuk memaksimalkan dorongan tubuh pada gaya bebas, bisa dengan memiringkan badan ke kiri dan kanan seirama dengan ayunan tangan.

Latihan Pernafasan

Berlatih pernafasan perlu agar renang gaya bebas bisa lebih maksimal yang mana bisa disesuaikan dengan posisi tubuh. Misalnya saja saat posisi tubuh berputar, pasti posisi wajah berada pada permukaan air. Ini bisa Anda jadikan kesempatan untuk menarik nafas, kemudian hembuskan nafas kembali saat wajah menghadap air.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat latihan bernafas dalam renang gaya bebas. Misalnya saja putar tubuh ke kanan/kiri sekitar 30 derajat dan tarik nafas secukupnya, jangan pendek jangan pula panjang. Bila memungkinkan jangan menghirup nafas setiap wajah berada pada permukaan air.

Kemudian jangan angkat kepala saat menarik nafas, karena bisa mengganggu keseimbangan tubuh. Dan pada saat bernafas, usahakan tubuh dan lengan tetap dalam posisi terbentang lurus.

O ya, pada saat menghembuskan nafas harus menggunakan mulut, bukannya hidung. Saat wajah berada dalam air, hembuskan nafas hingga habis agar tidak ada waktu yang terbuang saat menghirup nafas kembali.

Manfaat Renang Gaya Bebas untuk Tubuh

pexels.com

Melatih Otot

Manfaat renang gaya bebas pertama adalah untuk melatih otot. Sama seperti jenis olahraga lainnya, berenang gaya bebas juga bisa meningkatkan kekuatan otot tubuh. Dalam gaya bebas, biasanya yang dimaksimalkan adalah otot tangan, kaki, punggung dan lain-lain.

Menambah Tinggi Badan

Berenang gaya bebas juga bisa membantu meninggikan badan. Jadi untuk Anda yang masih dalam masa pertumbuhan, bisa rutin renang gaya bebas untuk mendapatkan postur tubuh yang diinginkan.

Memperkuat Pernafasan

Berenang membutuhkan teknik pernafasan yang baik agar bisa menghasilkan dorongan tubuh yang kuat. Dengan teknik pernafasan yang baik, perenang juga bisa laluasa berenang selama mungkin di dalam air.

Demikianlah ulasan tips renang gaya bebas yang sangat mudah khusus untuk pemula. Kuncinya adalah mencoba terus hingga mendapatkan hasil yang diinginkan. Jangan lupa untuk wanita muslim kini bisa andalkan baju renang muslimah sebagai outfit yang tentunya sesuai dengan syariat Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *