Skincare VS Makeup, Apa Sih Bedanya?

Saat ini istilah makeup dan skincare sudah tidak asing lagi, apalagi di kalangan wanita. Banyak wanita yang mendambakan kulit yang bersih, bebas dari jerawat, glowing, dan masih banyak lagi. Pastinya, untuk menunjang penampilan dan mendapatkan kulit impian, tak sedikit dari mereka yang menggunakan skicare dan makeup. Mulai dari harga yang murah sampai yang mahal.

Apa bedanya skincare sama makeup?

Skincare sendiri pada dasarnya memiliki fungsi untuk merawat kulit agar lebih sehat. Dengan kata lain, produk skincare itu produk perawatan. Skincare adalah metode perawatan kulit untuk mempertahankan kesehatan kulit, mengobati gangguan pada kulit, dan  membantu kulit untuk terlihat lebih cantik.

Disisi lain, makeup sendiri mempunyai fungsi untuk memperindah tampilan wajah. Memang sama-sama mempunyai fungsi untuk mempercantik wajah, hanya saja efek dari penggunaan skincare dan makeup itu beda. Efek pemakaian makeup dapat secara langsung atau instan didapat setelah diaplikasikan di wajah. Sedangkan dalam penggunaan skincare, perlu beberapa waktu untuk melihat perubahannya.

Manfaat skincare untuk wajah

pixabay.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, selain membantu mempercantik kulit, skincare juga punya manfaat yang lain.

Menutrisi Kulit

Menghabiskan waktu seharian di luar rumah punya dampak tidak baik untuk kulit, terutama kulit wajah. Wajah terpapar polusi, asap kendaraan, asap rokok dan matahari. Efek yang dirasakan mungkin tidak akan langsung terasa, namun di  masa depan akan muncul.

Apalagi kalau kulit tidak dirawat dengan baik. Menggunakan skincare dapat memberikan nutrisi kulit yang dapat membantu menjaga kesehatan kuit.

Seperti kandungan kolagen yang ada di produk skincare mempunyai beberapa manfaat, contohnya dapat membantu mengencangkan kulit, menghambat munculnya keriput pada wajah, mencerahkan dan memudarkan bekas luka pada wajah.

Selain kolagen, beberapa produk skincare yang mengandung vitamin C, dapat merawat kulit dari kerusakan karena sinar matahari, membantu mencerahkan dan melawan penuaan dini pada kulit wajah.

Membersihkan Wajah

Skincare dapat membantu untuk membersihkan wajah dari makeup dan kotoran-kotoran yang menempel pada wajah. Saat ini banyak sekali jenis pembersih wajah. Seperti facial wash, makeup remover, eye cleansing, dan milk cleanser. Jenis-jenis pembersih wajah ini mempunyai bentuk yang berbeda.

Facial wash atau sering disebut sabun muka dalam penggunannya perlu untuk dibilas dengan air bersih. Banyak prosuk facial wash mempunyai fungsi untuk membersihkan wajah dari makeup dan kotoran yang ada di wajah.

Makeup remover adalah skincare yang digunakan untuk membersihkan wajah dari makeup. Penggunaan makeup remover membantu untuk lebih mudah untuk membersihkan ajah sebelum mencuci muka menggunakan sabun muka.

Selain membersihkan makeup, makeup remover juga membantu membersihkan kotoran dan debu setelah melakukan kegiatan seharian di luar.

Seperti namanya, fungsi eye cleansing untuk membersihkan mata dari riasan mata dan kotoran yang ada di sekitar mata. Penggunaan eye cleanser untuk membersihkan makeup yang ada di mata seperti eye shadow, mascara, dan eye liner.

Meminimalisir Dark Spot

Terpapar sinar matahari karena beraktifitas di luar ruangan dapat menyebabkan timbulnya dark spot. Untuk kalian yang suka melakukan aktifitas di luar rumah, ada baiknya melindungi kulit dengan sunscreen. Sunscreen merupakan salah satu produk skincare yang tidak boleh dilupakan.

Kandungan SPF yang ada dapat menghindari wajah terpapar langsung sinar matahahri yang dapat menyebabkan kanker kulit, mencegah adanya komedo, dan mencegah kulit terbakar.

Manfaat Makeup

pixabay.com

Efek dari penggunaan atau pengaplikasian pada wajah dapat langsung dilihat seketika. Penggunaan makeup ini memang sangat menunjang penampilan seseorang, apalagi yang kegiatan sehariannya bertemu dengan orang banyak.

Contohnya penggunaan concealer yang dapat menutup atau menyamarkan jerawat dan noda hitam pada wajah. Concealer juga dapat mentup dark spot pada bagian bawah mata atau yang sering kita sebut dengan mata panda.

Selain itu, menggunakan foundation atau alas bedak dapat membantu wajah untuk terlihat lebih halus. Lip product seperti lipstick, lip cream, dan lip tint bisa digunakan untuk menutupi bibir agar tak terlihat pucat. Untuk memberikan efek bulu mata yang lentik, terlihat lebat dan panjang dapat menggunakan mascara.

Untuk mendapat look wajah yang segar dengan pipi merona, wajib banget menggunakan blush on. Eitt… tapi harus diingat, jangan terlalu tebal menggunakan blush on ya, sesuaikan dengan kulit dan dimanakah kamu akan melakukan kegiatan seharian.

Mana yang lebih penting?

Banyak yang bilang, menggunakan skincare memang lebih menguntungkan. Sebenarnya ini tergantung masing-masing orang. Penggunaan skincare yang tepat dan sesuai dengan tipe kulit memang dapat membantu memberikan kesehatan dan merawat kulit, tapi makeup juga tidak kalah penting. Bisa dibilang makeup adalah investasi wajah karena dapat menutupi semua kekurangan yang ada di kulit wajah.

Kedua produk kecantikan ini pada dasarnya dapat membantu satu sama lain. Penggunaan skincare akan membuat kulit lebih sehat yang nantinya akan menambah dan mengoptimalkan hasil olesan makeup diwajah. Kulit wajah yang sehat juga membuat kamu tak perlu memoles makeup tebal-tebal. Kamu akan tetap menawan saat kulit wajahmu sehat.

Jadi, ada baiknya penggunaan makeup pada wajah, dibarengi juga dengan penggunaan skincare ya!

Dan salah satu produk skincare terbaik yang dapat dipilih untuk digunakan saat ini adalah Lacoco Nasa. Produk Lacoco Nasa dapat memberikan semua manfaat dari skincare dari menutrisi kulit, membersihkan wajah, meminimalisir tanda penuaan dan tentunya dapat membuat kulit lebih sehat dan cantik sepanjang hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *