Memilih Souvenir Pernikahan Sesuai Budget, Mengapa Tidak?

Souvenir pernikahan merupakan satu di antara beberapa item penting yang menjadi perhatian saat akan melangsungkan resepsi pernikahan. Bagi pasangan mempelai, souvenir merupakan ucapan terima kasih sekaligus kenang-kenangan atas waktu, doa dan juga kedatangan para tamu undangan. Sedangkan bagi tamu undangan, souvenir dapat memberikan kesan tersendiri.

Istilah gampang-gampang susah nampaknya cocok untuk pemilihan souvenir. Keinginan memberikan kenang-kenangan terbaik untuk para tamu undangan sementara budget pas-pasan menjadi salah satu faktornya. Bagaimanakah cara mengatasinya?

Tips Memilih Souvenir Pernikahan Sesuai Budget

Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda bisa menerapkan tips berikut ini:

1.   Sesuaikan dengan Jumlah Tamu Undangan

Umumnya prinsip saat membeli suatu barang yaitu semakin banyak jumlah yang dibeli, maka akan semakin murah harganya. Sebaliknya semakin sedikit yang dibeli, maka semakin mahal harganya. Nah, agar tetap mendapatkan harga terjangkau, sebelum memesan atau membeli sesuaikan terlebih dulu dengan tamu undangan pernikahan. Misalnya, jika jumlah undangan 500 orang, Anda bisa membeli souvenir 510 pcs. 10 pcs tersebut bisa Anda gunakan untuk jaga-jaga barangkali ada kelebihan tamu.

pxhere.com

2.   Tentukan Budget Sesuai Kemampuan

Salah satu hal terpenting sebelum memilih atau membeli kenang-kenangan pernikahan, tentukan terlebih dahulu budget-nya. Dan usahakan agar budget tidak sampai membengkak. Pilih yang menurut Anda pantas, unik dan juga memiliki manfaat bagi si penerima. Ingat, hanya Anda yang bisa mengontrol keuangan Anda, tidak mau kan setelah menikah justru pusing karena memikirkan tunggakan?

3.   Mencari Vendor Souvenir Terpercaya

Memilih vendor yang tepat dan terpercaya juga sangat penting loh! Alih-alih mendapatkan souvenir murah meriah dengan kualitas bagus, bisa jadi justru ketipu karena tidak hati-hati. Untuk mengatasinya, Anda bisa bertanya kepada saudara atau teman yang baru menikah. Cara lainnya, Anda bisa mencari di mesin pencari Google dan membaca review pelanggan sebelumnya terhadap vendor tersebut.

4.   Memilih Souvenir Berdasarkan Kegunaannya

Selain memikirkan sisi unik, menarik dan langka, akan lebih baik lagi jika Anda memilih buah tangan pernikahan berdasarkan kegunaannya. Memang tidak salah jika ingin memberikan kenangan pernikahan yang unik dan tidak ada yang menyamai, tapi jika tidak ada manfaatnya, bukankah justru akan mubadzir?  Meskipun sederhana tapi memiliki kegunaan tertentu, justru akan memiliki nilai sendiri bagi penerima.

pxhere.com

5.   Sesuaikan dengan Tema Pernikahan

Tidak ada salahnya juga memilih buah tangan pernikahan berdasarkan tema pernikahan. Sebagai contoh, jika pernikahan mengusung tema adat tradisional, Anda bisa memilih souvenir kipas. Jika mengusung tema retro, Anda bisa memilih miniatur antik sebagai kenang-kenangan pernikahan.

Sebagai alternatif lain, Anda juga bisa menyiasatinya dengan membuat souvenir sendiri. Pasti susah ya?, mungkin itu yang ada dibenak Anda. Namun tidak ada salahnya juga untuk mencoba.

Ide Souvenir Pernikahan Bermanfaat

Sebagai bahan pertimbangan agar tidak salah pilih, ide-ide berikut ini bisa menjadi beberapa referensi untuk Anda

1.   Pouch

Pouch atau dompet bisa menjadi pilihan buah tangan pernikahan yang berguna untuk tempat pesil, uang maupun sebagai traveling kit. Bermodal kain kanvas dan resleting, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mesin jahit. Atau bisa juga dengan memesannya, 1 pouch dibanderol harga sekitar Rp3000 – Rp5000 sesuai kualitas bahannya.

2.   Sabun Handmade

Alternatif lainnya yaitu sabun handmade. Anda bisa membeli sabun batangan lalu memotong bagian per bagiannya sendiri. Kemudian Anda bisa membungkusnya dengan kertas bergelombang disertai pita, kain tile, atau bisa juga dengan plastik bening.

pxhere.com

3.   Parfum Biji Kopi

Buah tangan pernikahan ini juga bisa menjadi pilihan lainnya loh. Bau khas kopi yang wangi bisa Anda manfaatkan sebagai parfum. Caranya, ambil biji kopi secukupnya kemudian taruh atau bungkus menggunakan kain goni yang berbentuk kecil. Agar semakin beraroma, tambahkan sedikit pewangi rasa kopi.

Tips dan juga ide dalam memilih souvenir pernikahan ini bisa diterapkan jika Anda masih merasa bingung dalam memilih buah tangan pernikahan. Selain unik, tentu banyak orang yang akan terkesan dengan ide yang Anda terapkan. Pastikan tidak melebihi budget yang ada ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *