Benda-benda Yang Wajib dizakati Dan Syarat Wajib Zakat

Zakat merupakan perkara wajib yang harus dikeluarkan bagi yang mampu. Dimana zakat merupakan bagian dari rukun islam. Zakat digunakan untuk membersihkan harta yang dimiliki. Dimana sebagian dari harta yang Anda miliki terdapat hak dari orang lain. Siapa orang lain itu? Yang dimaksud orang lain adalah orang yang berhak menerima zakat. Dimana orang yang berhak menerima zakat menurut islam ada 9 kategori diantaranya ibnu sabil, gharim, fakir dan masih banyak lagi.

Dimana perintah zakat ini ada di dalam Al-Quran dan disebutkan di beberapa surat atau ayat dalam Al-Quran. Barang siapa yang tidak mengeluarkan zakat sedangkan orang tersebut mampu atau mempunyai kewajiban untuk mengeluarkan zakat, maka itu artinya orang tersebut telah memakan hak orang lain. Dimana memakan yang bukan miliknya adalah haram hukumnya.

Benda-benda yang wajib dikeluarkan zakatnya cukup banyak. Adapun benda-benda tersebut akan dijelaskan secara detail dibawah ini. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jelas dan detail tentang hukum zakat dan juga segala macam yang berkaitan dengan zakat langsung saja kunjungi https://hasana.id/.

Inilah Benda-benda Yang Wajib Dikeluarkan Zakatnya

Islam merupakan rahmad bagi seluruh alam. Dimana setiap yang diperintahkan oleh Allah SWT tentu adalah yang terbaik untuk umat islam. Salah satu perintah Allah SWT dan wajib untuk ditunaikan adalah berzakat. Dalam islam selain zakat fitrah dikenal juga zakat benda-benda atau harta yang dimiliki. Adapun benda-benda yang wajib dikeluarkan zakatnya adalah sebagai berikut ini:

  • Hasil pertanian

Harta yang harus dikeluarkan zakatnya salah satunya yaitu harta yang diperoleh dari hasil pertanian. Dimana hasil pertanian meliputi buah-buahan, sayur mayur, kebutuhan pokok seperti beras, jagung, gandum dan masih banyak lagi. Dimana petani yang wajib mengeluarkan zakat pertanian adalah ketika hasilnya sudah mencapai 653 kg.

  • Tabungan yang dimiliki

Ketika Anda mempunyai tabungan entah itu yang dititipkan di bank atau di rumah wajib dikeluarkan zakatnya. Dimana zakat tersebut wajib dikeluarkan ketika tabungan tersebut sudah mencapai satu tahun. Dimana besarnya zakat yang dikeluarkan adalah 2,5 persen dari tabungan yang dimiliki.

  • Barang temuan

Ketika Anda menemukan barang misalkan emas atau uang, maka tidak langsung menjadi hak milik Anda. dimana Anda mempunyai kewajiban untuk mengumumkanya selama setahun. Jika sudah lebih dari setahun, maka barang tersebut berhak Anda memiliki. Namun pastikan Anda mengeluarkan zakatnya yaitu sebesar 20 persen dari barang temuan tersebut.

Selain itu masih banyak benda-benda atau harta yang wajib dikeluarkan zakatnya seperti emas, perak, barang tambang dan masih banyak lagi.

Benarkah Orang Gila Wajib Mengeluarkan Zakat?

Mengeluarkan zakat adalah hukumnya wajib termasuk bagi orang yang hilang akalnya namun mempunyai banyak harta. Bagi orang gila yang mempunyai banyak harta dan sudah mencapai nishab dan sudah mencapai satu tahun, maka wali dari orang gila tersebut wajib mengeluarkan zakat. Sehingga hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan, karena jika tidak ditunaikan maka akan berdosa. Semoga tulisan ini dapat mengingatkan bahwa zakat sangat penting dan hukumnya wajib bagi yang memenuhi syarat.