Fakta Menarik Waralaba Thai Tea, Jadikan Pertimbangan Usaha

Indonesia tentu sudah akrab dengan Thai Tea yang kini mudah sekali di temui. Bahkan kiniĀ  menjadi bisnis waralaba yang sedang naik daun dan banyak digandrungi. Berbagai merk terkenal juga bisa dijumpai di pasaran dengan antrian yang panjang. Jika anda tertarik untuk ikut bergabung dengan bisnis waralaba Thai Tea, sebaiknya anda simak beberapa fakta menarik dalam ulasan berikut.

Fakta Menarik Bisnis Thai Tea Yang Harus Anda Tahu

Bukan Minuman Teh Biasa

Minuman kekinian ini berbeda dengan teh manis yang biasanya ditemui meskipun sama sama bercita rasa manis. Bahan bakunya juga sama sama daun teh, hanya saja daun yang teh yang digunakan berasal dari Thailand. Daun teh ini memiliki aroma rempah yang berasal dari adas manis, air bunga jeruk dan asem. Perpaduan inilah yang membuat Thai Tea memiliki cita rasa yang berbeda dengan teh yang kita temui pada umumnya.

Proses pemilihan daun tehnya juga dilakukan dengan profesional dan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Hal ini dikarenakan nantinya teh tidak bisa menghasilkan rasa yang kuat dan aroma yang tajam. Bahan baku utamanya nanti harus dicampurkan dengan susu evapori, kental manis dan juga air biasa. Inilah yang membuat cita rasa minuman bewarna coklat ini banyak digemari dan melahirkan banyak waralaba Thai Tea.

pxhere.com

Banyak Merk Thai Tea Terkenal Yang Membuka Franchise

Bisnis ini memang terlihat mengiurkan lantaran menjadi minuman yang banyak digemari oleh semua kalangan. Apalagi kini telah divariasikan dengan berbagai rasa dan topping yang beragam. Karena peluang bisnisnya yang besar membuat banyak merk Thai Tea yang lebih dulu terjun di pasaran membuka franchise. Bagi anda yang belum memilki modal yang cukup besar untuk membuka merk Thai Thea sendiri, sistem waralaba bisa menjadi pilihan.

Dengan bergabung dalam Franchise anda akan memiliki kemudahan dalam memasarkannya, merk tersebut telah dikenal banyak orang sehingga tidak perlu lagi mengenalkannya. Rasa Thai Tea dimana mana memiliki kesamaan, hanya merk yang membuatnya terasa berbeda. Jika anda memulai bisnis ini sendiri anda harus membuat merk dagang sendiri dan untuk mengenalkannya membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Namun ada baiknya sebelum anda bergabung dengan waralaba Thai Tea untuk mengetahui lebih detail perjanjian dengan franchisornya. Perjanjian akan menyangkut kebebasan inovasi serta aturan yang di berikan. Dukungan manajemen juga harus anda pastikan telah masuk ke dalam paket franchise yang anda beli. Jika tidak maka sebaiknya anda mempertimbangkan lagi untuk bergabung menjadi mitra usaha tersebut.

pxhere.com

Proses Pembuatan Yang Mudah

Saat anda akan bergabung dengan sebuah waralaba, tentunya selain mendapatkan fasilitas seperti bahan dan peralatan anda juga akan mendapatkan pelatihan. Cara pembuatan Thau Tea yang mudah ini tidak membutuhkan pelatihan yang lama. Bahkan hanya dengan melihatnya saja anda sudah bisa mengerti cara membuatnya. Alat alatnya juga mudah untuk pengoperasiannya dan yang dibutuhkan juga tidak banyak.

Karena pembuatannya yang mudah inilah, banyak yang membuat Thai Tea menjadi sebuah usaha. Membuatnya sendiri di rumah memang bisa dilakukan oleh semua orang. Namun perlu diingat jika manusia modern saat ini tidak suka ribet dan penganut paham serba praktis. Itulah kenapa meskipun mudah dibuat waralaba Thai Tea masih terus bermunculan karena, masih banyak masyarakat yang lebih senang membelinya daripada membuatnya sendiri.

Taksiran Keuntungan Yang Besar

Tidak hanya memiliki proses pembuatan yang mudah, keuntungan yang bisa didapatkan dari bisnis ini juga tak kalah melimpah. Taksiran yang diperkirakan ini diasumsikan bahwa harga satu cup Thai Tea berukuran 500ml ihargai dengan Rp. 15 ribu. Untuk membuat 500 ml dibutuhkan teh Thai sebanyak 5 gram. Dan untuk target penjualan di bulan pertama adalah 30 cup setiap harinya. Dari perkiraan tersebut maka dibutuhkan keuntungan yang cukup besar.

Perhitungan untuk modal awal adalah di atas Rp. 2 juta. Modal tersebut dialokasikan untuk keperluan seperti booth, kompor gas, blender, Saringan kain, sendok meracik thai te, wadah besar dan wadah untuk meracik Thai Tea. Sementara untuk biaya operasional selama satu bulan bisa mencapai Rp. 5,9 juta. Biaya operasional sudah termasuk gaji karyawan dan biaya sewa tempat serta biaya darurat untuk hal hal yang tidak bisa diperhitungkan.

Dari semua biaya yang dikeluarkan, hasil penjualan selama 30 hari tanpa libur akan mencapai Rp. 13.500.000. Jumlah ini dikurangi dengan modal awal dan biaya operasional bulanan masih tersisa Rp. 7.654.000. Jumlah tersebut tentunya sangat besar dan mengiurkan bukan? Modal awal anda untuk membuka Waralaba Thai Tea akan cepat kembali dengan laba bersih bulanan dengan jumlah tersebut.

pxhere.com

Dibutuhkan Pemilihan Lokasi Yang Strategis

Untuk mendapatkan keuntungan tersebut, dibutuhkan strategi khusus untuk membuka usaha Thai Tea. Salah satunya adalah pemilihan lokasi usaha yang strategis. Apalagi anda tidak perlu ribet jika membuka bisnis ini melalui Franchise daripada membukanya dengan merk sendiri. Meski demikian banyak juga usaha serupa yang tidak berhasil karena lokasi penjualan yang tidak strategis. Untuk itu sangat penting memperhatikan satu hal ini.

Memilih lokasi strategis dibutuhkan beberapa pertimbangan yang pertama adalah lokasi yang dipilih sesuai dengan target pasar. Mayoritas pengkonsumsi minuman ini adalah kaum millenial meskipun beberapa orang dewasa juga menyukainya. Memilih lokasi yang dekat dengan sekolah atau pusat perbelanjaan bisa menjadi solusi. Target pasar anda telah di depan mata sehingga lebih mudah untuk melakukan pemasarannya.

Sementara pertimbangan yang kedua adalah memilih lokasi yang belum ada yang menjual produk serupa. Jika yang menjual adalah produk yang berbeda merk maka anda membutuhkan strategi yang jitu. Karena bagaimanapun merk tersebut telah menjadi pesaing anda. Untuk memenangkan pasar anda bisa mengunakan media sosial untuk menjadi strategi. Selain itu juga anda harus meningkatkan pelayanan dalam waralaba Thai Tea anda.

Bisnis Franchise Thai Tea layak untuk anda perhitungkan jika dilihat dari keuntungan dan fakta lainnya. Jika anda tertarik untuk menjadikan minuman dari daun teh Thailand ini menjadi bisnis, anda harus banyak belajar dan mengali informasi sebanyak banyaknya. Anda juga harus mengetahui seluk beluk franchise yang akan anda beli agar menghindari hal yang tidak diinginkan.